Mencegah Timbulnya Penyakit Kulit Dan Penyebab Munculnya Penyakit Kulit


Mencegah Timbulnya Penyakit Kulit Dan Penyebab Munculnya Penyakit Kulit


         Kulit merupakan organ perlindungan tubuh terluar. Saat tubuh terpapar polusi, kotoran, sinar matahari, dan lainnya maka kulitlah yang pertama terkena dampaknya. Maka peran kulit bukan main-main. Kita harus senantiasa menjaganya supaya terhindar dari penyakit dan kerusakan. Mengetahui informasi tentang mencegah timbulnya penyakit kulit dan penyebab munculnya penyakit kulit akan sangat membantu dalam perawatan kulit.

Ada ragam penyakit kulit yang sering dialami masyarakat kebanyakan seperti:
- Jerawat
         Jerawat merupakan penyakit kulit yang umum terjadi. Ia ditandai dengan benjolan mulai dari kecil sampai besar dengan jumlah yang beragam dan berbintik merah. Ia bisa menyerang bagian kulit wajah, punggung dan tempat lainnya. Jerawat biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang ada pada saat produksi minyak berlebih.
baca juga : cara menghilangkan jerawat dalam satu hari 

- Panu dan kurap
         Panu merupakan kondisi kulit yang menyebabkan sensasi gatal tak tertahankan. Selain itu, ia ditandai dengan bercak putih dikulit dan ia akan terus menyebar jika tidak segera ditangani. Panu dan kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan infeksi jamur. Penyakit ini bisa menular jika kita bersentuhan langsung dengan kulit penderita atau memakai pakaian penderita.

- Eksim
         Eksim merupakan kondisi kulit yang cukup kronis karena pemulihannya bisa berlangsung lama. Banyak yang bisa menyebabkan eksim mulai dari alergi, kulit sensitif, stres, sampai pada infeksi bakteri. Rasa gatal akan menjadi gejala penyakit ini. Selain itu akan disertai juga dengan kemerahan dan bengkak pada kulit.

- Herpes
         Herpes merupakan penyakit kulit yang kronis. Ia disebabkan oleh adanya serangan virus. Virus varisella adalah penyebab herpes dan ia seringkali menyerang otak dan tulang belakang. Bukan hanya gatal, tapi penyakit kulit yang satu ini menimbulkan rasa sakit sampai penderitanya mengalami demam hebat. Maka penanganan herpes harus dilakukan dengan serius dan intensif oleh tenaga medis.

         Mencegah timbulnya penyakit kulit dan penyebab munculnya penyakit kulit harus kita lakukan karena kulit adalah aset berharga tubuh kita. Ragam penyakit kulit diatas timbul karena disebabkan beberapa faktor. Berikut beberapa penyebab timbulnya penyakit di area kulit:

- Infeksi jamur
         Jamur dapat tumbuh dan berkembang khususnya ditempat-tempat yang kotor dan lembab. Biasanya penyakit kulit yang disebabkan jamur dapat menular.

- Infeksi bakteri
         Bakteri bisa menginfeksi kulit sehingga kulit timbul ruam, merah, gatal dan bisa sampai menyebabkan infeksi luar yang serius. Biasanya bakteri menyerang dengan mudah saat imun kita lemah.

- Alergi
         Seseorang bisa saja memiliki alergi tertentu yang menyebabkan kondisi kulit gatal, ruam, dan kemerahan. Alergi bisa dari bulu binatang, bahan tekstil, cuaca, kosmetik dan makanan. Untuk mengetahui alergi tidaknya bisa melakukan cek darah.

- Kondisi kejiwaan (stres)
          Kondisi kejiwaan bisa memicu timbulnya penyakit kulit seperti jerawat. Saat mengalami stres maka akan terjadi peningkatan kadar histamin. Histamin sendiri merupakan bahan kimia dalam tubuh yang kita lepaskan dalam bentuk reaksi alergi sebagai bentuk respon kekebalan tubuh. Meskipun tujuan histamin adalah untuk mengatasi iritasi namun ia malah menimbulkan reaksi alergi yang bisa ditandai dengan kulit yang ruam dalam kasus ringan.

- Sinar UV berlebih
         Sinar matahari bagus sebagai asupan vitamin D untuk tubuh. Namun sinar ultraviolet akan berbahaya pada jam-jam siang yaitu dari jam 10 keatas. Kulit yang terpapar sinar matahari secara berlebihan bisa menyebabkan beragam masalah kulit seperti hiperpigmentasi, sampai kanker kulit.


         Mengetahui begitu banyak penyakit yang bisa menimpa kulit mulai dari yang ringan sampai yang terparah, pastinya akan meningkatkan kesadaran kita untuk senantiasa merawatnya. Merawat dan menjaga kulit diperlukan untuk mencegah timbulnya penyakit kulit. Berikut beberapa langkah pencegahan untuk menghindarkan kulit dari penyakit:
- Meningkatkan kebersihan
         Tidak jarang bahwa penyakit kulit timbul karena kita kurang menjaga kebersihan diri. Misalnya tidur sehabis melakukan aktifitas berat yang menyebabkan kita mengeluarkan keringat. Maka, keringat akan terperangkap bersama dengan bakteri dan membuat iritasi di kulit. Maka selalu menjaga kebersihan diri merupakan pencegahan mendasar untuk menghindarkan kulit dari penyakit. Mandi minimal dua kali sehari merupakan hal yang wajib.

- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
         Setiap saat kita bisa saja diserang bakteri ataupun virus. Jika imunitas tubuh dalam keadaan yang prima, maka bakteri ataupun virus tidak akan bisa masuk. Kalaupun masuk ia tidak akan bertahan lama didalam tubuh karena akan dilawan oleh sistem imun. Maka tingkatkan selalu imunitas tubuh dengan cara konsumsi makan-makanan sehat dan bernutrisi.

- Tidak bertukar pakaian dengan orang lain
         Kita tidak pernah tahu apakah seseorang mempunyai masalah dengan kulitnya. Maka, sebaiknya hindari tukar menukar pakaian dengan orang lain sekalipun teman atau saudara. Hal ini bisa meningkatkan resiko perpindahan kuman ataupun penularan penyakit kulit. Pakailah barang-barang pribadi sendiri dan tidak meminjamkannya pada orang lain.

- Rajin mengganti perlengkapan pribadi
         Barang-barang kita pakai lama-kelamaan bisa dihinggapi berbagai hal seperti jamur, debu, tungau, dan lain-lain yang dapat memicu kulit untuk mengeluarkan reaksi alergi sehingga timbul gatal dikulit. Maka harus mengganti pakaian pribadi secara berkala seperti sprei, sarung bantal, selimut, dan lainnya. Begitupun dengan pakaian yang dipakai. Sebaiknya tidak memakai pakaian yang sudah dipakai lebih dari satu hari karena pasti sudah terkena banyak kuman.

- Melindungi diri dari sinar UV
         Sinar ultraviolet memiliki efek yang buruk khususnya sinar matahari yang diatas jam 10. Pastikan untuk menggunakan sunscreen setiap kali beraktifitas diluar ruangan karena sinar UV bisa merusak kulit. Kulit bisa menjadi kering, hiperpigmentasi, dan meningkatkan resiko terjadinya gangguan pada kulit.

- Menghindari alergen
          Jika seseorang diketahui memiliki riwayat alergi, maka satu hal yang harus dilakukan adalah menghindari alergen yang menjadi penyebabnya. Misalnya jika alergi terhadap makanan laut, maka sebaiknya hindari konsumsi makanan tersebut. Kalau alergi terhadap kucing, maka sebaiknya tidak memelihara kucing dirumah. Dengan begitu, reaksi alergi dikulit bisa dicegah.

- Kelola stres
         Stres menyebabkan peningkatan aktifitas histamin ditubuh yang bisa menyebabkan reaksi alergi meskipun tujuannya untuk melindungi tubuh. Kadar histamin yang berlebihan dapat memicu reaksi pada kulit yang bisa menyebabkan gatal ataupun iritasi. Maka, mengelola stres harus dilakukan agar kadar histamin normal. Resiko penyakit kulitpun bisa diminimalisir. Menghindari pemicu stres atau melepaskan stres dengan kegiatan menyenangkan bisa membantu untuk menekan aktifitas histamin ditubuh.  

          Kulit sebenarnya cukup rentang untuk terkena penyakit. Namun bukan berarti datangnya penyakit kulit tidak bisa dicegah. Dengan mengetahui informasi mengenai cara mencegah timbulnya penyakit kulit dan penyebab munculnya penyakit kulit akan membantu kita untuk melindungi kulit dari resiko terkena penyakit. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi kita yang senantiasa menyayangi diri kita luar dalam. Karena pada dasarnya merawat diri merupakan salah satu bentuk syukur kita.

Mencegah Timbulnya Penyakit Kulit Dan Penyebab Munculnya Penyakit Kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fandris Rohimat