Metode pengobatan yang baik untuk penderita kanker

Metode pengobatan yang baik untuk penderita kank


Kanker merupakan jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan. Tidak ada orang yang tidak takut terhadap penyakit ini. Namun sebagian besar orang tidak tahu gejala penyakit kanker dan juga cara pencegahannya. Hingga akhirnya kanker terdeteksi mencapai stadium lanjut dan tentu ini berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Karena itu akan lebih baik jika anda mengenal penyakit kanker dan berbagai gejalanya, hingga kemudian anda perlu mengetahui metode pengobatan untuk kanker yang terbaik hingga anda bisa mencapai kesembuhan atau setidaknya mengurasi resiko kanker mematikan.


1. PENYAKIT KANKER DAN JENISNYA

Kanker merupakan penyakit yang berasal akibat dari pertumbuhan sel di dalam tubuh secara tidak normal yakni melebihi batas seharusnya. Kanker terjadi karena kelainan pada siklus sel sehingga ia tumbuh secara tak terkendali hingga bisa menyerang jaringan biologis di sekitarnya dan juga dapat menyebar ke jaringan tubuh yang lain yakni melalui pembuluh darah dan juga dari sistem limfatik. Sel Kanker yang menyebar ini disebut dengan proses metastasis.

Penyakit kanker ini memang kadang tidak terasa atau sulit diketahui gejalanya. Sehingga untuk mengetahuinya perlu dilakukan pemeriksaan mikroskopik hingga memperoleh biopsi untuk mendeteksi penyakit kanker yang diderita dan akhirnya bisa ditindaklanjuti oleh dokter.

Penyakit kanker ini terbagi menjadi dua jenis yakni:


A. Kanker dalam golongan tumor jinak, yakni penyakit kanker yang hanya menyerang satu bagian organ tubuh dan tidak dapat menyebar ke jaringan lainnya sehingga lebih mudah dideteksi dan diobati.

B. Kanker dalam golongan tumor ganas, yakni penyakit kanker yang menyerang satu bagian organ dan dapat menyebar ke organ lainnya melalui jaringan pembuluh darah. Kanker ganas ini lebih sulit diobati dan umumnya berujung pada kematian.

Adapun beberapa jenis kanker yakni sesuai dengan bagian tubuh atau organ yang terkena, seperti kanker paru-paru, kanker otak, kanker kulit, kanker lidah, kanker hati, kanker pankreas, kanker lambung, kanker ovarium, kanker rahim, kanker payudara, kanker serviks, dan kanker lainnya.


2.FAKTOR PENYEBAB PENYAKIT KANKER

Secara garis besar, kanker dapat terjadi akibat faktor lingkungan dan gaya hidup yang tidak baik. Beberapa penyebab kanker diantaranya adalah:

- Lingkungan tempat tinggal yang tidak bersih, banyak kuman, bakterid an virus baik dari sampah atau dari polusi.

- Faktor lingkungan yang penuh polusi baik asap rokok, asap kendaraan, limbah industri, asap pabrik, dan juga faktor radikal bebas seperti sinar matahari secara langsung yang mengenai kulit.

- Faktor gaya hidup tidak baik atau gaya hidup bebas seperti merokok, minum alkohol dan obat-obatan terlarang, dan juga seks bebas atau berhubungan seksual dengan berganti pasangan.

- Pola makan yang tidak sehat dan juga konsumsi makanan yang tidak bergizi dan bernutrisi. Seperti makanan yang mengandung banyak bahan pengawet dan pewarna, makanan instan, junkfood, dan makanan jajanan pinggir jalan yang tidak sehat.

- Terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan olahan dari daging sapi, kambing dan daging babi.

- Kurangnya mengkonsumsi vitamin dan mineral dari buah dan sayur sayuran.

- Faktor keturunan atau genetika, dan juga faktor usia yang biasa menyerang pada orang berusia lebih dari 40 tahun.

- Faktor radiasi seperti terlalu sering berdekatan dengan signal handphone dan sering menggunakan barang elektronik untuk berbagai kegiatan, atau melakukan berbagai hal secara instan.

Jarang melakukan gerak badan atau olah raga.



3.PENGOBATAN TERBAIK UNTUK PENDERITA KANKER

Setelah anda mengetahui jenis kanker dan faktor penyebabnya. Maka jika anda merasakan beberapa gejala buruk dan aneh maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk melakukan pengobatan secara terbaik. Adapun metode pengobatan yg baik untuk penderita kanker dibagi pada beberapa bagian, yaitu:

 a) Pengobatan dengan Operasi atau Pembedahan

Cara ini adalah yang sering dilakukan secara medis untuk mengangkat sel jinak atau sel kanker ganas di dalam tubuh. operasi atau pembedahan ini dilakukan untuk mencegah menyebarnya sel kanker ke bagian tubuh lain sehingga perlu diangkat. Dengan operasi pengangkatan ini maka dapat menghapus dan juga membuang seluruh sel kanker yang ada dalam tubuh sehingga tidak dapat berkembang dan menjalar ke tubuh lainnya.

Dalam tahap operasi ini dokter akan memastikan tidak adanya sel sel ganas lainnya yang tertinggal di dalam tubuh, sehingga pengangkatan sel kanker dilakukan secara bersih, khususnya di zaman ini dengan alat yang semakin canggih. Setelah pengangkatan dokter juga mengambil sempel sel sehat untuk diuji laboratorium sehingga tidak beresiko munculnya kembali kanker di dalam tubuh.

Cara operasi ini biasanya dilakukan untuk mengobati atau mengangkat sel kanker pada penderita kanker payudara, kanker restis dan juga kanker prostat, kanker rahim, aknker otak dan lainnya.

b) Pengobatan dengan Imunoterapi

Cara ini merupakan pengobatan untuk mendapatkan kekebalan tubuh lebih kuat untuk melawan tumor, sehingga tubuh tetap kuat selama proses pembunuhan kanker. Pengobatan ini adalah dengan cara menyuntikkan cairan imun agar tumor atau kanker menjadi menyusut. Kemudian dilakukan cara immunotheraphy untuk memberikan agen interferon alfa protein ke dalam tubuh sehingga bisa mengecilkan tumor di dalam tubuh.

Cara ini sama saja dengan memperkuat antibodi pada tubuh sehingga dapat menghambat perkembangan sel di dalam tubuh. cara ini juga bisa dilakukan pada kanker payudara. Selain itu transplantasi sumsum tulang juga disebut dengan imoneterapi karena sel kekebalan donor dapat menyerang tumor atau sel kanker dalam tubuh. hal ini juga disebut terapi hormon yang dapat mengubah produksi hormon dalam tubuh sehingga sel kanker tidak tumbuh dan akhirnya mati. Hal ini pun dilakukaan untuk kanker prostat.

Seperti halnya terapi hormon untuk kanker payudara yakni dapat mengurangi kadar estrogen dalam tubuh sehingga membantu rusaknya sel kanker dalam tubuh atau gagal tumbuh. Hal ini juga bisa diterapkan untuk kanker kulit dan limfoma.


c) Pengobatan dengan Radioterapi

Pengobatan ini dilakukan dengan cara menggunakan radiasi. Cara ini dilakukan untuk menghancurkan sel kanker yang ada di dalam tubuh dengan menggunakan radiasi yakni dengan sinar gamma-ray berenergi tinggi sehingga membuat sel menjadi molekul  sehingga sel tersebut bisa mati. Gamma-ray ini merupakan sinar-x dalam mesin khusus yang bisa memancar dengan energi tinggi sehingga bisa menghancurkan sel yang ada di dalam tubuh.

Namun, dalam hal ini terdapat efek samping jika tidak tepat sasaran sehingga bisa merusak sel normal. Radioterapi ini juga bisa dilakukan untuk kombinasi pengobatan kanker bersama cara lain seperti kemoterapi.


d) Pengobatan dengan Kemoterapi

Cara pengobatan ini adalah dengan menggunakan alat bantu bahan kimia yang berfungsi untuk mengganggu proses pembelahan sel dan menyebarnya sel yang bisa merusak protein dan juga DNA di dalam organ tubuh. dengan perusakan sel kanker ini maka kanker bisa mati dengan sendirinya. Cara ini pun merupakan perawatan yang memerlukan waktu untuk menargetkan sel yang membelah dengan cepat.

Cara ini biasa dilakukan pada kanker yang berada dalam proses metastasis atau yang mudah menyebar atau sedang menyebar ke jaringan lain. Karena itulah bahan kimia diarahkan untuk menggagalkan penyebaran sel kanker. Cara ini biasanya dilakukan pada kanker kulit atau leukimia dan juga limfoma. Setelah melakukan cara ini maka tubuh memerlukan waktu untuk proses penyembuhan khususnya untuk sel normal yang terkena bahan kimia.

Adapun efek samping yang terjadi dari kemoterapi adalah munculnya rasa mual, mudah lelah, sering muntah dan juga membuat rambut mudah rontok.  


e) Pengobatan dengan Terapi Gen

Cara pengobatan ini adalah sangat mudah karena fungsi dari pengobatan ini yaitu untuk menggantikan gen yang rusak di dalam tubuh dengan gen orang-orang yang bekerja sehingga dapat mengatasi akar dari munculnya kanker seperti kerusakan DNA sehingga bisa berfokus pada sel kanker. Cara ini memang belum sering dilakukan atau diterapkan pada penderita kanker.

Dari berbagai cara pengobatan tersebut memiliki kemungkinan untuk menyembuhkan kanker di dalam tubuh. Metode pengobatan tersebut bisa ditentukan oleh dokter sesuai dengan kondisi tubuh anda, atau daya tahan tubuh untuk mendapatkan cara terbaik dalam mengobati penyaki kanker. Karena dalam proses pengobatan tentu berkaitan dengan keadaan atau kondisi fisik dan juga berbagai organ lainnya di dalam tubuh.

Karena itu, yang terpenting adalah setelah mengetahui beberapa gejala kanker maka anda segera periksakan ke dokter mengenai kesehatan anda, agar dokter bisa segera melakukan pendeteksian terhadap penyakit kanker yang anda alami dan bisa segera ditindak lanjuti. Hal ini bukanlah main-main sehingga harus diperhatikan dengan benar.


GEJALA PENYAKIT KANKER

Untuk menjaga kesehatan tubuh anda, maka anda juga perlu mengetahui beberapa gejala penyakit kanker yang umum terjadi diantaranya adalah:


a. Munculnya darah pada urin atau saat anda buang air kecil, dan juga terasa nyeri saat buang air kecil.

b. Terasa sakit atau nyeri saat berhubungan seksual.

c. Munculnya pendarahan pada bagian vagina yang bisa menyebabkan kanker vagina.

d. Sering terasa mual dan muntah-muntah.

e. Terasa ada benjolan di sekitar payudara dan juga berubahnya bentuk dan warna puting pada payudara yang bisa menyebabkan kanker payudara.

f. Muncul bintik-bintik pada kulit dan tahi lalat pada kulit terasa gatal dan berubah bentuk hal ini bisa memicu kanker kulit.

g. Sering batuk-batuk dalam jangka waktu yang lama dan tak kunjung sembuh disertai dengan suara berubah jadi serak, hal ini bisa memicu penyakit kanker paru-paru. Serta dengan napas yang pendek, sesak napas maupun sering mengalami sendawa.

h. Sakit kepala berlebihan, terasa mual dan kejang-kejang hal ini bisa memicu terjadinya kanker otak.

i. Berubahnya warna urin saat buang air kecil yakni menjadi gelap, warna tinja jadi pucat, kulit dan bagian mata berubah jadi kuning, sering muntah dan juga terasa nyeri di bagian punggung, hal ini adalah gejala kanker pankreas.

j. Perut terasa kembung dalam waktu lama, selalu buang air besar atau diare dan sembelit, dan juga terjadinya pendarahan saat buang air besar, hal ini adalag gejala kanker kolorektal.

k. Terjadinya pendarahan pada vagina, terasa nyeri saat berhubungan badan, terasa nyeri pada bagian panggul dan menurunnya berat badan secara drastis, hal ini memicu terjadinya penyakit kanker rahim.

Metode pengobatan yang baik untuk penderita kanker Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fandris Rohimat