Mengenal jenis2 penyakit kanker dan gejalanya




Mengenal jenis2 penyakit kanker dan gejalanya
Sudah sering terdengar oleh telinga kita bahwa sebagian besar orang mengalami kematian akibat penyakit yang dideritanya. Sebagian besar penyakit mematikan hingga saat ini adalah kanker. Karena itu penyakit kanker paling ditakuti oleh banyak orang di negara manapun khususnya di negara berkembang. Karena penyakit ini begitu berbahaya dan mematikan, maka ada baiknya kita mengenal dan mengetahui apa itu penyakit kanker, jenis-jenisnya dan juga gejala yang dapat dirasakan, sehingga kita bisa melakukan pencegahan dan juga pengobatan sejak dini.

Apa itu penyakit kanker?
Kanker merupakan neoplasma ganas atau penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel di dalam tubuh secara tidak normal atau melebihi batasnya. Pertumbuhan sel rusak ini terjadi di satu bagian organ tubuh dan disebut dengan kanker jinak, sementara pertumbuhan sel yang dapat menyebar ke berbagai jaringan atau organ lainnya yakni melalui pembuluh darah disebut dengan kanker ganas.
Penyakit kanker bisa terjadi akibat faktor lingkungan yang tidak sehat seperti banyak polusi, asap rokok, asap kendaraan dan limbah pabrik. Kanker juga terjadi akibat sering merokok, minum alkohol dan obat terlarang, akibat seks bebas, akibat tidak berolah raga, mengkonsumsi makanan instan dan juga pola makan yang tidak sehat. Kanker juga terjadi akibat tingginya kadar hormon estrogen di dalam tubuh juga akibat emosional tinggi seperti stress yang berlebihan.

Apa saja jenis-jenis kanker dan gejalanya?
Ada banyak jenis2 penyakit kanker sesuai dengan organ tubuh yang terkena. Beberapa jenis kanker yang perlu anda ketahui dan hindari diantaranya adalah:
baca juga : metode  pengobatan yang baik untuk penderita kanker
a       Kanker kulit
Kanker kulit disebut pula dengan melanoma. Kanker ini terjadi akibat danya sel-sel penghasil pigmen atau melanosit yang terjadi pada orang di bawah usia 30 tahun. Kanker kulit umumnya terjadi akibat radikal bebas seperti sinar ultraviolet matahari yang terkena langsung pada kulit. Hingga akhirnya muncul bintik-bintik pada kulit. Maka jika anda telah merasakannya sebaiknya segera lakukan proses screening untuk melihat tanda-tanda munculnya bintik pada kulit.
Selain bintik-bintik, gejala lainnya adalah membesarnya tahi lalat atau berubaha bentuk dan warnanya. Kadang bintik-bintik atau tahi lalat pada kulit akan terasa gatal kemudian nyeri dan akhirnya bisa mengeluarkan darah.

b      Kanker paru-paru
Kanker ini sering terjadi baik pada pria maupun wanita. Kanker paru-paru umumnya terjadi akibat sering merokok dan minum alkohol serta menghisap polusi udara yang tercemar, terkena zat kimia dan menghirup asap rokok atau lainnya. Kanker paru-paru sering terjadi pada perokok yang berusia 55 tahun keatas. Untuk itu anda bisa melihatnya dengan melakukan CT-Scan.
Adapun gejala dari kanker ini adalah timbulnya batuk secara terus menerus, terasa nyeri pada bagian dada atau paru-paru, mudah merasa lelah dan letih, serta terasa sesak napas atau memiliki napas pendek dan terjadinya infeksi para paru-paru atau pneumonia. 

c       Kanker payudara
Kanker ini terjadi pada wanita dan umumnya pada wanita yang telah berusia 40 tahun keatas. Kanker payudara bisa terjadi akibat tidak baiknya pola hidup dan pola makan, serta akibat diet dan obesitas berlebihan. Kanker payudara juga bisa terjadi akibat faktor keturunan atau keluarga.
Anda bisa memeriksakan terlebih dahulu kondisi payudara anda agar terhindar dari kanker payudara yang mematikan. Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter setiap tiga tahun sekali. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan mammogram yakni mendeteksi kanker secara dini.
Adapun gejala umum terjadinya kanker payudara adalah munculnya benjolan yang membesar di bagian payudara, dan payudara berubah ukuran menjadi lebih besar, dan bahkan bagian puting berubah warna, bentuk dan juga ukurannya. 

d      Kanker rahim
Banyak wanita yang mudah terkena kanker rahim. Umumnya kanker ini terjadi pada wanita yang mengalami gangguan pada rahim yakni bagi wanita yang tidak pernah mengandung atau melahirkan, wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, wanita yang mengalami diabetes, memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Untuk mendeteksi kanker rahim memang tidak terdapat tes screening. Namun anda bisa mengetahuinya dari beberapa gejala.
Gejala kanker rahim adalah terjadinya pendarahan pada bagian vagina dan tentunya bukan darah menstruasi. Adapun terasa nyeri pada bagian panggul, nyeri ketika sedang berhubungan seksual, dan juga berat badan menurun secara drastis. 

e       Kanker darah
Kanker ini disebut juga dengan Leukimia. Kanker ini dapat mempengaruhi sumsum tulang dan juga jaringan bagian getah bening. Kanker ini berawal dari sel rusak di dalam darah yang kemudian berkembang.
Beberapa gejala yang menunjukkan kanker darah adalah terjadinya pembengkakan pada bagian getah gening di sekitar leher atau ketiak, dan umumnya tidak terasa sakit. Terjadinya demam dan mudah terinfeksi virus atau bakteri, mudah merasa lelah dan letih, ketika mengalami luka maka kulit mudah mengeluarkan darah, dan juga berkuranganya berat badan secara drastis.

f.        Kanker otak
Kanker otak umumnya berawal dari adanya tumor kecil di dalam otak yang kemudian bisa membesar dan bahkan merusak sel-sel otak yang sehat. Karena itu segera periksakan ke dokter untuk melakukan tes MRI untuk mendeteksi gejala kanker otak.
Adapun gejala kanker otak yang umum dirasakan adalah terasa sakit kepala yang menggigit, adanya masalah keseimbangan, terjadinya gangguan pada penglihatan yang jadi buram dan rabun dan juga gangguan pendengaran menjadi kurang mendengar dalam jarak dekat.

     Kanker kandung kemih
Kanker ini secara umum terjadi pada orang berusia lanjut yakni diatas 55 tahun. Untuk mengetahui kanker ini maka dapat dilakukan tes urin oleh dokter. Umumnya kanker ini terjadi karena sering terkena bahan kimia yakni seperti yang sering dialami para penata rambut, tukang cat, ahli mesin dan lainnya.
Gejala yang terasa dan terlihat adalah munculnya darah saat buang air kecil atau darah pada urin. Kemudian sering buang air kecil, dan terasa nyeri saat buang air kecil yakni seakan terasa terbakar.

h      Kanker hati
Kanker hati bisa terjadi akibat faktor keturunan atau karena virus hepatitis B dan C. Sehingga anda perlu melakukan tes screening dengan menggunakan ultrasound dan juga tes darah. Adapun gejala yang terjadi adalah merasa pusing berlebihan, sering muntah, warna kulit menjadi kuning, warna urin menjadi lebih gelap, perut terasa selalu kembung dan berkurangnya nafsu makan.

i.        Kanker ginjal
Kanker ginjal dapat terjadi di bagian pembuluh ginjal. Ginjal ini berfungsi untuk menyaring darah dan membuang berbagai zat yang tidak diperlukan di dalam tubuh dan menjadi urin. Karena itu untuk memeriksanya dilakukan dengan tes urin, CT-Scan, MRI atau dengan ultrasound. Adapun gejala yang terjadi adalah munculnya darah dalam urin, terjadinya pembengkakan pada bagian kaki dan pergelangan kaki, mudah merasa lelah dan menurunnya berat badan secara drastis.
Selain itu, masih banyak jenis kanker lainnya yang perlu diwaspadai. Karena itu jika anda telah merasakan adanya gejala kanker maka sebaiknya periksakan diri anda ke dokter terdekat.

Mengenal jenis2 penyakit kanker dan gejalanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fandris Rohimat