ketahui 10 penyebab timbulnya penyakit kanker




 ketahui 10 penyebab timbulnya penyakit kanker
Kanker merupakan jenis penyakit yang paling banyak ditakuti umat manusia. Kanker ini bisa menyerang siapa saja bahkan tanpa disadari apa penyebab dan juga gejala yang dirasakan. Terdapat banyak jenis kanker yang bisa diidap siapapun tanpa kenal pria atau wanita. Namun, umumnya kanker diderita oleh para orang yang sudah lanjut usia dan beberapa juga menyerang remaja hanya sebagian kecil.
Karena itulah, sebaiknya kita ketahui apa yang menjadi penyebab hingga munculnya penyakit kanker yang menjelma di dalam tubuh. sehingga kita bisa waspada dan berusaha untuk menghindari penyakit mematikan ini.

PENGERTIAN KANKER
Kanker merupakan sebuah penyakit yang disebut juga neoplasma ganas. Kanker adalah penyakit yang terjadi akibat adanya suatu kelainan pada sel tubuh yang tumbuh di dalam tubuh. Bahwa sel tubuh tersebut memiliki siklus tak teratur hingga tumbuh secara tidak normal melebihi batasnya, dan akhirnya sel tersebut dapat mengganggu jaringan biologis dan juga bisa berpindah pada jaringan lainnya.
Kanker yang mengganggu suatu jaringan biologis dan tidak menyebar ke organ lainnya merupakan jenis kanker jinak atau tumor jinak. Sementara kanker yang dapat bermigrasi atau menyebar ke berbagai jaringan lainnya merupakan kanker atau tumor ganas yang sebagian besar berujung pada kematian. Penyakit kanker ini bisa menyebar yakni melalui sel pembuluh darah dan juga dari sistem limfatik.
Terdapat banyak jenis kanker yang bisa menyerang siapapun seperti kanker darah, kanker hati, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker rahim, kanker serviks, kanker vagina, kanker lambung, kanker otak, kanker kulit, dan lainnya. Hampir setiap organ di dalam tubuh dapat terserang kanker, karenanya kita perlu tetap waspada.

FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA KANKER
Penyakit kanker ini bisa diketahui dengan cara diagnosis yakni melalui pemeriksaan mikroskopik dan kemudian diperoleh biopsi. Maka setelahnya bisa dilakukan dengan operasi dan perawatan secara kemoterapi dan juga radiasi. Sebagian besar kanker memang berujung pada kematian. Sementara adapun kanker yang bisa melalui perawatan itupun tak berlangsung lama.
Karena itulah kita perlu mengetahui beberapa penyebab timbulnya kanker sehingga kita bisa tetap berwaspada. Bahwa memang faktor utama penyebab kanker adalah faktor lingkungan dan pola hidup yang tidak sehat. Adapun secara terperinci, beberapa faktor penyebab kanker adalah:

1.Faktor Lingkungan
Sebagai faktor utama, lingkungan memang memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. terutama lingkungan yang kotor dan penuh polusi tentu memiliki kemungkinan besar dalam memicu berbagai penyakit terutama penyakit kanker. Karena itulah akan lebih baik jika kita memilih lingkungan hidup yang tepat serta kita pun perlu menjaga lingkungan tempat tinggal hidup kita.
Lokasi paling berpengaruh adalah lokasi industri. Sebagai tempat industri yang memiliki tingkat zat kimia terbanyak dan juga polusi yang buruk tentu memicu penyakit kanker. Begitupun di tempat yang penuh dengan kendaraan dan jarangnya tumbuhan atau tanaman, sehingga membuat penyakit mudah masuk kedalam tubuh.
Karena itulah sebagian besar penderita kanker adalah negara berkembang, negara insdustri atau orang yang tinggal di perkotaan besar. Sementara orang yang tinggal di wilayah pedesaan yang tentu jauh dari polusi memiliki tingkat kesehatan yang lebih tinggi.

2.Faktor Gaya dan Budaya Hidup
Hal ini pun memiliki peranan dalam menentukan kesehatan setiap insan. Gaya hidup atau budaya hidup memang tergantung pula pada lingkungan tempat tinggal hidup. Karena budaya dapat terjadi dengan banyaknya manusia atau pencipta budaya. Karena itulah sebaiknya kita memiliki budaya dan gaya hidup yang baik dalam artian tidak bebas.
Kini sudah tak asing dalam pandangan gaya hidup yang bebas memang tidak mempedulikan kesehatan karena yang dipikirkan hanya kesenangan. Seperti halnya berbagai gaya hidup yang buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol yang justru memiliki tingkat pemicu kanker paling tinggi. Bahwa merokok dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru dan alkohol dapat meningkatkan berbagai kanker pada organ tubuh. begitupun mengkonsumsi obat-obatan tentu sangat buruk.
Selain itu, gaya hidup juga ditentukan dari keseharian. Baik dalam pergaulan dan juga pola makan serta kegiatan sehari-hari. kanker juga dapat dipicu dari seks bebas. Karena itulah sebaiknya hindari hubungan seksual yang bebas agar tidak terkena penularan penyakit dari seks.

3.Faktor Usia dan Keturunan
Sebagian besar kanker memang menyerang orang yang telah memiliki usia diatas 45 tahun. Karena pada usia tersebut berbagai gaya hidup dan juga pola makan semakin merendah dan mempengaruhi kondisi tubuh. banyak hal yang membuat orang tua semakin malas dalam menjaga pola hidup karena itulah sering kali penyakit menyerang pada orang tua.
Sama halnya dengan faktor keturunan atau genetika. Bahwa kanker juga menurun pada anak atau lainnya sesuai garis keturunan. Umumnya kanker yang diakibatkan dari faktor keturunan memiliki ujung kematian. Namun sebetulnya kanker akibat faktor genetika atau sejarah keluarga dan DNA sebetulnya masih dapat diobati karena hal terbesar yang dapat memicu berubahnya gen kanker adalah pola hidup dan diet.

4.Diet dan Obesitas
Jangan salah karena diet dan obesitas ternyata dapat memicu terjadinya kanker. Karena yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah pola makan yang baik, tidak kurang dan tidak lebih. Karena itu, jika anda sedang melakukan diet sebaiknya tidak berlebihan, karen tubuh harus tetap mendapat asupan gizi dan nutrisi. Begitupun makan tidak berlebihan sehingga tidak terjadi kegemukan yang berlebih yang justru dapat menimbulkan penyakit.
Sebaiknya saat anda diet maka perhatikan bahwa asupan serat yang rendah maka dapat menimbulkan penyakit kanker usus besar yang lebih tinggi. Adapun asupan fitoestrogen yang tinggi dapat mengurangi resiko kanker payudara.Begitupun perhatikan saat anda makan berlebihan bahwa asupan lemak yang terlalu banyak dapat menimbulkan penyakit kanker payudara, kanker ovarium, kanker ginjal, kanker usus besar, kanker paru-paru dan kanker endometrium. 

5.Tingginya Kadar Estrogen
Salah satu pemicu kanker lainnya adalah kadar estrogen di dalam tubuh. Estrogen merupakan hormon  di dalam tubuh. Jika meningkatkanya kadar estrogen di dalam tubuh maka dapat meningkatkan resiko kanker pada jarigan reproduksi seperti kanker payudara dan kanker endometrium. Karena itu di dalam tubuh butuh kadar progesteron tinggi karena dapat melindungi dan juga memperlambat terjadinya pertumbuhan sel di dalam tubuh yang memicu kanker. 

6.Faktor Pola Makan Tidak Sehat
Secara umum memang pola makan yang tidak teratur atau tidak sehat selalu menjadi pemicu utama berbagai penyakit khususnya kanker. Karena itulah sangat penting untuk tetap mengatur pola makan yang baik dan memilih menu makan yang sehat. Makanan yang sehat adalah yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah-buahan, mengandung serat seperti gandum, mengandung protein seperti telur dan susu rendah lemak, mengandung karbohidrat tanpa glukosa seperti beras merah dan lainnya.
Adapun jenis makanan yang sering memicu penyakit kanker adalah jenis makanan instan. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan instan karena makanan ini mengandung banyak zat kimi yang sangat berbahaya bagi kesehatan organ tubuh. sama halnya dengan makanan siap saji atau junkfood yang juga sangat penting untuk dihindari. Akan lebih baik anda mengkonsumsi makanan yang dimasak secara sehat dan dicuci terlebih dahulu.

7.Faktor Emosional
Kondisi kejiwaan atau emosional seseorang memiliki peranan dalam meningkatkan resiko penyakit terutama kanker. Umumnya kanker juga disebabkan oleh kondisi pikiran yang stress secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Sehingga hal ini dapat memicu sel di dalam tubuh menjadi hiperaktif dan akhirnya bisa menjadi ganas dan menyebabkan kanker. Karena itu pentingnya mengendalikan emosi dalam setiap keadaan apapun.

8.Faktor Radiasi dan Gelombang Elektromagnetik
Radikal bebas atau radiasi juga penting dihindari. Seperti halnya sumber radiasi ionisasi seperti gas radon bisa menyebabkan kanker. Adapun radiasi dari sinar ultraviolet matahari juga dapat memicu melanoma dan kanker kulit. CT Scan juga dapat memicu kanker, bahkan adanya radiasi atau gelombang elektromagnetik dari barang elektronik canggih saat ini juga bisa menimbulkan kanker walau tidak secara garis besar. Pemakaian handphone yang berlebihan juga berbahaya karena memiliki radiasi berbahaya.
Begitupun radikal bebas yang merupakan suatu atom atau gugusan atom dapat menjadikan rusaknya sel di dalam tubuh dan berkembang menjadi kanker. Adapun radikal bebas saat ini seperti polusi berlebihan, asam rokok, dan juga sinar ultraviolet A dan B. 

9.Faktor Virus dan Bakteri
Virus dan bakteri tentu tidak aneh menimbulkan penyakit kanker. Kanker ini juga dapat menyebar dari virus dan bakteri yang tak terlihat dan bahkan berada di sekitar kita. Beberapa jenis virus yang sering memicu kanker seperti virus papilloma yang dapat menimbulkan kanker serviks. Adapun virus palioma dapat menimbulkan kanker otak dan juga virus hepatitis B dan C dapat memicu kanker hati.
Virus dan bakteri umumnya bisa masuk kedalam tubuh melalui makanan dan udara. Karena itu kebersihan makanan sangat penting diperhatikan begitupun udara yang kita hirup harus tetap bersih. Makanan yang dijual di pinggir jalan yang telah terkena polusi juga baik dihindari.

10.Faktor Penghasilan dan Pendidikan
Sebetulnya hal ini bukanlah pemicu utama penyakit kanker. Namun, pada sebagian besar kehidupan ini dikatakan bahwa faktor penghasilan hidup maupun pendidikan memang memicu terhadap timbulnya suatu penyakit. Bahwa yang umum terjadi adalah orang yang memiliki pendapatan rendah memiliki resiko terkena penyakit kanker lambung, kanker paru-paru, kanker mulut, kanker faring, kanker laring, kanker esofagus dan kanker serviks pada wanita.
Adapun untuk orang berpenghasilan tinggi juga dapat memiliki resiko kanker seperti kanker kulit, kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar dan lainnya. Bahwa penghasilan ini juga berkaitan pada pola hidup. Seperti penghasilan rendah membuat orang kurang menjaga hidupnya dan serba kekurangan dalam menjaga pola makan. Sementara orang yang berpenghasilan tinggi lebih cenderung memakai produk berbahaya yang mengandung banyak zat kimia seperti pada wanita yang memakai berbagai kosmetik berbahaya hingga akhirnya memicu penyakit kanker kulit.
Adapun faktor pendidikan yang rendah dapat memiliki resiko kanker karena mereka tidak update dalam menjaga kesehatan dan tidak mengetahui penyebab kanker untuk dicegah. Sementara orang yang berpendidikan tinggi umumnya memiliki kesehatan tingkat tinggi karena mereka tahu dan selalu update tentang kesehatan dan gaya hidup yang sehat. 
baca juga : mengenal jenis2 penyakit kanker dan gejalanya

ketahui 10 penyebab timbulnya penyakit kanker Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fandris Rohimat