Bahaya Yang Akan Didapatkan Dari 1 Batang Rokok Yang Kita Hisap




Bahaya Yang Akan Didapatkan Dari 1 Batang Rokok Yang Kita Hisap

         Lagi-lagi rokok, objek utama penyebab berbagai penyakit. Meskipun kampanye yang menyuarakan bahaya rokok semakin gencar, tapi pesona rokok dimata para penikmatnya seakan tidak pernah surut. Bukan hanya kaum berduit yang rutin merokok namun rokok bisa dijangkau berbagai kalangan. Bahkan anak-anak kecil dibawah umur sudah mulai mencoba-coba yang akhirnya kecanduan. Tahukah bahaya yang akan didapatkan dari 1 batang rokok yang kita hisap? Kita tidak perlu muluk-muluk dengan menghitung berapa dus rokok yang telah dihabiskan. Ternyata satu batang saja dampaknya bisa sangat merusak. Berikut bahaya merokok:

- Bersifat Karsinogenik
         Menurut penelitian, terkandung 4000 jenis zat kimia yang terkandung dalam satu batang rokok. 200 diantaranya memiliki sifat karsinogenik. Apa bahayanya zat kimia yang bersifat karsinogenik tersebut? Zat-zat tersebut adalah pemicu beberapa penyakit berbahaya dan tergolong mematikan seperti kanker, terutama kanker paru, mulut, tenggorokan, dan jenis penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah, mandul, impotensi dan lain-lain.
         Kanker adalah salah satu pembunuh yang ada dalam deretan daftar teratas didunia. Dengan satu batang rokok saja kita berarti sudah menyerahkan satu hari hidup yang kita punya. Sudah begitu banyak penelitian yang dilakukan untuk mengkonfirmasi hubungan antara gangguan kesehatan akut dengan kebiasaan merokok seseorang. Seseorang yang merokok sangat mudah mengalami penyakit-penyakit berat yang mematikan karena terus menerus menghisap zat-zat karsinogenik tersebut.

- Nikotin
         Nikotin dan rokok tidak bisa dipisahkan. Dimana ada rokok, maka disitulah terkandung nikotin yang jelas berbahaya bagi kesehatan. Setiap asap rokok yang kita hisap mengandung sekitar 0.5 sampai 3mg nikotin. Yang berbahaya dari nikotin bukanlah nikotinnya itu sendiri tapi zat yang dihasilkan dari proses pembakaran nikotin yakni dibensokarbasol, dibensakridin, serta nitrosamin yang diketahui memiliki sifat karsinogenik. Artinya ia dapat memicu berbagai penyakit untuk hinggap ditubuh. Jadi jangankan satu batang, satu hisapan asap rokok saja sudah sangat merugikan tubuh.
         Nikotin bisa dikatakan memiliki efek yang tidak jauh berbeda dengan zat adiktif lainnya seperti heroin atau kokain. Itu lah mengapa seseorang yang mulai coba-coba jika membiasakannya maka kemudian kemungkinan besar akan kecanduan atau ketagihan untuk merokok. Efek nikotin tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah. Ia mempengaruhi otak hanya dalam hitungan detik. Sehingga perokok seolah merasakan hal yang lebih baik pada dirinya setelah merokok. Padahal segala hal yang membuat kita kecanduan dan ketergantungan itu tidak baik untuk tubuh.  

- Tar
         Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan bisa menempel di paru-paru. Pada satu batang rokok terdapat 0.5 sampai 35mg tar. Ia juga memiliki sifat karsinogenik sehingga sangat membahayakan tubuh. Ciri-ciri dari tar adalah berwarna coklat tua sampai hitam. Ia mengendap ketika sudah dalam kondisi dingin. Artinya saat dihisap, maka tar masih berbentuk uap padat. Barulah ketika dingin ia mengendap dibeberapa bagian tubuh seperti paru-paru, permukaan gigi, dan juga saluran pernafasan. Semua organ yang dilalui asap rokok biasanya akan menjadi tempat endapan tar ini.
         Tar sendiri sangat berperan dalam memicu penyakit kanker di paru-paru serta jalur pernafasan seperti mulut dan tenggorokan. Mungkin saat ini kita merasa masih baik-baik saja karena tidak nampak kecoklatan pada gigi. Namun kita tidak pernah tahu apakah endapan tersebut sudah menumpuk dibagian paru_paru dan saluran pernafasan. Tar sangatlah lengket dan menempel sehingga tidak mudah untuk dibersihkan hanya dengan kita meminum segelas air karena sifatnya yang karsinogenik tersebut.

- Silio toksik
         Bahaya yang akan didapatkan dari 1 batang rokok yang kita hisap lainnya adalah silio toksik. Silio toksik merupakan salah satu sifat yang dimiliki pada zat beracun yang terkandung pada rokok. Jadi sebatang rokok saja bisa mematikan satu batang silia. Silia sendiri merupakan rambut getar disaluran nafas. Tentu saja silia sangat dibutuhkan agar kita masih bisa bernafas dengan baik. Tanpa silia maka paru-paru akan sulit menjalankan fungsinya dan kondisi paru akan semakin rusak dengan banyaknya silia yang dirusak oleh zat berbahaya.
         Salah satu ciri bahwa silia sudah mengalami kerusakan akibat rokok yakni batuk. Batuk merupakan reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan zat-zat asing dalam tubuh yang dianggap mengancam. Itulah mengapa bagi yang belum pernah merokok dan mencoba satu isapan saja maka akan langsung batuk-batuk karena kondisi paru masih baik dan sangat reaktif terhadap masuknya zat asing. Jadi ada berapa silia yang ingin kita rusak dengan merokok?

- Karbonmonoksida
         Setiap orang pasti sudah mengetahui apa itu karbonmonoksida. Ia merupakan gas CO yang pastinya ada pada sebatang rokok. Nyatanya, untuk satu batang rokok saja bisa menghasilkan karbonmonoksida sebesar 3 sampai 6 %. Yang sangat menakutkan adalah karbonmonoksida tidak hanya dinikmati oleh perokok saja tetapi siapapun bisa menghisapnya termasuk yang tidak merokok. Asap yang mengandung karbonmonoksida seringkali menjadi penyebab bagaimana perokok pasif mendapatkan penyakit yang sama atau bahkan lebih parah dari perkok itu sendiri.
          Perokok hanya menghisap beberapa persen karbonmonoksida dari rokok yang ia hisap. Namun sisanya dikeluarkan dan menyebar serta bersatu dengan udara yang orang lain hirup. Inilah yang sangat berbahaya karena merokok tidak hanya membunuhmu tapi juga kita semua. Karbonmonoksida dapat mengikat hemoglobin sehingga oksigen yang terdapat didalamnya bisa dipaksa keluar. Seperti yang kita tahu bahwa sel darah merah bertugas untuk menghantarkan oksigen yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Tanpa oksigen maka manusia sudah pasti bisa mati.  

         Bisa kita lihat betapa satu rokok saja dapat mempengaruhi tubuh begitu besarnya. Maka jangan heran jika kita merokok maka semakin banyak gangguan kesehatan yang kita rasakan. Jangan salahkan dokter atau obat yang kita anggap tidak bisa menyembuhkan gangguan kesehatan kita jika kita masih saja merokok karena rokoklah penyebabnya. Maka sangat disarankan untuk berhenti merokok bukan hanya untuk keuntungan diri sendiri tapi juga orang-orang disekitar yang kita sayangi.
         Untuk berhenti merokok kita niatkan yang kuat bahwa berhenti merokok bukan untuk menyiksa tubuh melainkan sebaliknya. Berhenti merokok diniatkan untuk lebih menyayangi tubuh kita sendiri. Menyadari bahwa tubuh bukanlah milik pribadi melainkan titipan Tuhan yang harus dijaga karena suatu saat nanti kita akan dimintai pertanggungjawaban. Selain itu, carilah aktifitas menyenangkan yang dapat membuat kita setidaknya lupa untuk sementara pada rokok. Lama kelamaan kebiasaan tersebut bisa membuat kita lupa sama sekali pada rokok.
         Aktifitas fisik seperti olahraga fisik atau melakukan hal-hal yang sesuai dengan hobi bisa sangat membantu.  Dengan mengetahui bahaya yang akan didapatkan dari 1 batang rokok yang kita hisap, semoga bisa semakin menyadarkan kita bahwa rokok adalah musuh kita bukan sahabat. Sehingga kita tidak perlu lagi.

Bahaya Yang Akan Didapatkan Dari 1 Batang Rokok Yang Kita Hisap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fandris Rohimat